Skip to content

Tentang Homeschooling Kak Seto Surabaya

Juni 14, 2011

Setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Sedapat mungkin setiap anak memperoleh pendidikan yang layak bagi diri mereka.  Namun, dari pengalaman di lapangan menunjukkan banyak anak mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan selama  bersekolah. Sebut saja, kasus bullying, bentakan dan kekerasan dari guru bahkan pemasungan  kreativitas anak. Pengalaman-pengalaman yang kurang berkesan tersebut menimbulkan phobia terhadap sekolah (school phobia) bagi anak dan orangtua.

Penyeragaman kemampuan dan keterampilan semua anak untuk seluruh bidang turut mematikan  minat dan bakat yang tentunya berbeda-beda, karena setiap anak adalah unik. Lebih jauh lagi, kurikulum yang terlalu padat dan tugas-tugas rumah yang menumpuk membuat kegiatan belajar  menjadi suatu beban bagi sebagian anak.

Surabaya sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta, memiliki ciri-ciri seperti pada umumnya kotabesar. Yaitu kota perdagangan yang sibuk,kota yang tak pernah tidur, mobilitas penduduk tinggi, tingkat polusi yang tinggi akibat asap pabrik dan kendaraan bermotor.  Hal-hal  tersebut memicu kesulitan belajar bagi anak, Diantaranya banyak anak harus membagi waktu antara belajar dan membantu orang tuanya berdagang. Anak-anak yang sibuk mengembangkan kariernya sebagai artis, atlet atau pemusik. Sehingga membuat mereka sulit menyesuaikan diri dengan jadwal yang padat dan tugas yang menumpuk dari sekolah. Selain itu orangtua yang sering berpindahkotakarena tugas membuat anak harus sering beradaptasi pada lingkungan yang baru. Kondisi lingkungankotayang  polusi menyebabkan banyak anak rentan sakit dan gangguan  kesehatan lain sehingga  tidak masuk sekolah dan  tertinggal pelajaran.

 Melihat kondisi tersebut, maka perlu dicarikan solusi alternatif  bagi anak-anak yang kurang cocok dengan sistem pendidikan formal. Salah satu bentuknya adalah  kegiatan homeschooling. Sekolah rumah atau homeschooling, menurut direktur Pendidikan Masyarakat Departemen  Pendidikan Nasional Ella Yulaelawati, adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur  dan terarah dilakukan oleh orangtua atau keluarga. Proses belajar mengajar homeschooling pun berlangsung dalam suasana kondusif.

 Homeschooling dan Sekolah Umum

Pada hakekatnya, homeschooling maupun sekolah umum, sama-sama sebagai sarana untuk menghantarkan anak-anak mencapai tujuan pendidikan seperti yang diharapkan. Tapi homeschooling dan sekolah memiliki perbedaan.

Sistem sekolah, tanggung jawab pendidikan anak didelegasikan orangtua kepada guru dan pengelola sekolah. Sistem terstandarisasi untuk memenuhi kebutuhan anak secara umum. Jadwal belajar seragam untuk seluruh siswa, pengaturan dan penentuan kurikulum dan materi pengajaran terpusat.

Pada homeschooling, tanggung jawab pendidikan anak sepenuhnya berada di tangan orangtua. Sistem disesuaikan dengan kebutuhan anak dan kondisi keluarga, jadwal belajar fleksibel, tergantung kesepakatan anak dan orangtua, materi belajar dan kurikulum ditentukan oleh orangtua. Orangtua dapat  mengembangkan potensi-potensi intelegensi yang dimiliki anak karena potensi setiap anak berbeda  dan unik.

Home Schooling Kak Seto

Dari sekian banyak homeschooling yang ada di Indonesia, salah satunya Home Schooling Kak Seto (HSKS) menawarkan konsep yang berbeda. Dengan mengusung Brand Image Kak Seto sebagai psikolog, tokoh Nasional  yang peduli Anak dan pendidikan, serta icon homeschooling dan pendidikan alternatif. HSKS adalah sekolah alternatif yang menempatkan anak-anak sebagai subyek  dengan pendekatan secara ”at home” atau di rumah. Sehingga anak-anak merasa nyaman belajar, karena mereka mereka dapat belajar apapun sesuai dengan keinginannya dengan jam belajar yang  fleksibel: mulai dari bangun tidur sampai berangkat tidur lagi.

Jenjang pendidikan pada HSKS mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.  Pada tingkat SD terdiri dari kelas I sampai kelas VI, pada tingkat SMP terdiri dari kelas VII sampai  kelas IX sedangkan tingkat SMA terdiri dari kelas X sampai kelas XII.

 Homeschooling Kak Seto (HSKS) dilaksanakan berdasarkan filosofi sederhana “belajar dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja”.  Visi HSKS adalah sebagai salah satu institusi pendidikan anak yang unggul dan menyediakan  program pendidikan bagi anak agar memiliki keterampilan, life skill, dan karakter yang kokoh  sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

 LEGALITAS  Ijazah

 Undang-undang no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengakomodasi  homeschooling sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, homeschooling berada di bawah naungan Direktorat Pendidikan Kesetaraan,  Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional RI. Siswa yang  memilih homeschooling akan memperoleh ijazah kesetaraan yang dikeluarkan oleh KEMENDIKNAS,  yaitu: Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA.  Ijazah ini dapat digunakan  untuk meneruskan pendidikan ke sekolah formal yang lebih tinggi, bahkan ke sekolah-sekolah luar  negeri sekalipun.

Kurikulum

Homeschooling Kak Seto mengacu kepada peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun  2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu kurikulum yang diterapkan adalah  kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun oleh Homeschooling Kak Seto. Dalam  kegiatan tutorial kedua acuan tersebut disusun dan disampaikan dengan metode Homeschooling Kak  Seto sehingga dirasakan berbeda dengan sekolah formal, agar  peserta dapat mengikuti proses  pembelajaran dengan menyenangkan.

Proses Pembelajaran

Komunitas

Merupakan proses pembelajaran dimana siswa dikumpulkan di sebuah kelas untuk  belajar sambil bersosialisasi dengan teman-temannya. Dalam komunitas jadwal belajar siswa   ditentukan oleh HSKS Surabaya.

Distance Learning

Merupakan proses pembelajaran dimana siswa belajar di rumah menggunakan modul  dan orangtua yang berperan besar sebagai pendidiknya. Dalam Distance Learning jadwal belajar  disusun sesuai kesepakatan antara siswa dan orang tua. Orangtua dapat menambah tutor dari HSKS  atau pihak lain jika diperlukan.

Kegiatan

Kegiatan di Homeschooling Kak Seto (HSKS) terbagi atas 2 kegiatan yaitu :

A.   Kegiatan yang berhubungan dengan proses pembelajaran siswa  (homeschooler) dimana kegiatan tersebut membantu  proses belajar siswa menjadi menyenangkan  seperti :

1. Games

            Merupakan kegiatan yang dilakukan pada awal pembelajaran. Tujuannya untuk mengkondisikan siswa agar lebih siap dan tenang dalam belajar. Dalam kegiatan ini tutor memberikan  games atau permainan yang dapat merangsang kemampuan motorik, analisis, teamwork, berpikir  kritis dan kreatif.

2.  Inspiring Story

            Adalah kegiatan yang dilakukan sebelum pembelajaran bergantian dengan games.  Tutor maupun homeschooler akan memceritakan kisah-kisah yang dapat memotivasi dan menginspirasi. Bisa berupa pengalaman Tutor atau siswa (sharing) juga pengalaman tokoh-tokoh sukses di Indonesia atau manca negara.

3.  Project Class

            Merupakan salah satu kegiatan dan metode belajar yang memadukan kemampuan motorik kasar dan halus homeschooler dengan  kemampuan logika dan analisisnya.  Siswa mempraktekkan teori untuk menghasilkan karya yang berguna atau melakukan percobaan-percobaan ilmiah. Kegiatan  disesuaikan dengan tingkatan kelas siswa (SD, SMP, SMA).

4.  Distance Learning (DL) Gathering

            Merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh homeschooler (siswa) yang memilih program  Distance Learning. Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu semester. Dengan Distance Learning  Gathering ini homeschooler dapat mengenal dan bersosialisasi dengan sesama teman homeschooler  serta tidak hanya belajar di rumah.

5.  Nonton Bareng

            Kegiatan pembelajaran dengan menonton pertunjukan film, teater, konser musik,  drama modern dan tradisional  yang sesuai dengan usia dan perkembangan homeschooler.

6.  Outing  (field trip)

            Outing merupakan proses pembelajaran dimana homeschooler belajar di luar kelas baik berupa  kunjungan ke tempat terbuka maupun tertutup yang memiliki nilai edukasi yang baik, seperti:   musium, perpustakaan, pusat seni/ketrampilan, industri manufacturing, kebun satwa, kebun flora,  hutan lindung dll. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali.

7. Ekstrakurikuler

            Kegiatan ini meliputi kegiatan olah fisik / olahraga dan kegiatan dibidang seni sesuai  dengan minat dan bakat siswa seperti seni musik, olah vokal, seni lukis, tari dan menulis / journalis.

B. Kegiatan yang berhubungan dengan orangtua wali murid :

Parent’s Meeting

            Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu semester dimana orangtua/ wali murid akan memperoleh laporan perkembangan putra/ putrinya dari pihak sekolah. Kegiatan berupa seminar,  konseling dan pembagian hasil kegiatan belajar putra/putrinya.

Bimbingan Konseling

Adalah salah satu bentuk pelayanan kepada homeschooler dan orangtua berkaitan dengan kondisi psikologis maupun sosial yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini  meliputi pemberian materi di kelas, pemberian motivasi belajar, konsultasi pribadi dan diskusi  kelompok dengan orangtua dan homeschooler.

Lembaga Pedidikan Nurul Izza, sebagai  pemerhati dan praktisi pendidikan bekerjasama dengan Dr. Seto Mulyadi mendirikan Homeschooling  Kak Seto (HSKS) di Surabaya. HSKS Surabaya menempati kampus di Jl. Sidosermo Airdas Kav – A7 Surabaya. Telepon : 031 – 8473116 Fax : 031 – 8491824, E-mail:hsks.surabaya@yahoo.com

Contact Person : Kak Sri (08123022919),  Kak Lis ( 031 78278108 ), Kak Dani (085645508630). Tlp. Kantor 031-8473116.

About these ads
39 Komentar leave one →
  1. Februari 13, 2012 10:07 am

    sy mhn maaf mau bertanya, apakah lowongannya masih dibuka, sy indarniati lulusan s 1 fisika unesa (2006) dan akta 4 unesa (2007),usia 30 tahun, menikah,IPK 2.6 pengalaman kerja :
    1. guru IPA di MTs Negeri Sby 1 (2006 – 2010)
    2. Tutor IPA kelas unggulan MTsN Sby 1 (Oktober – Desember 2011)

    • Mei 9, 2012 9:13 am

      terimakasih telah mengunjungi blog kami…
      lowongan sebagai tutor dan marketing masih dibuka tapi hanya untuk pria.
      terimakasih…

  2. tri era vita permalink
    Maret 11, 2012 5:43 pm

    apakah HSKS bisa menerima siswa dengan anak berkebutuhan khusus?Meutia,6th,anak saya mempunyai kekurangan dalam gerak motoriknya(belum bisa jalan) , tapi untuk bahasa tidak ketinggalan dengan anak seusianya,pertumbuhan fisik tidak terhambat,saya sudah coba carikan sekolah khusus didekat domisili kami,tapi syaratnya harus bisa berjalan,atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    • Mei 7, 2012 2:23 pm

      maaf ibu baru dibalas, untuk masuk HSKS standar umurnya mengikuti aturan DIKNAS yaitu 7 tahun. andaikata sudah berumur 7 tahun, harus mengikuti observasi dari psikolog HSKS apakah bisa mengikuti pembelajaran yang ada.
      terimakasih atas kunjungannya…

    • September 15, 2012 10:03 pm

      jika ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, dan mau mengikuti homeschooling sebelum jenjang di sekolah kak Seto, dapat bergabung dengan kami,
      TOPSII Ednovation International Surabaya
      081235436414 trimakasih.

  3. BONIE. BLITAR permalink
    Mei 8, 2012 4:02 pm

    bu saya mempunya anak usia 10 th,belum bisa baca dn tulis,d HSKS ini apa bisa memberikan solusinya nya bu.dan sampai saat ini anak km masih kelas 1 SD.

    • Mei 8, 2012 4:37 pm

      terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
      dari kami hanya bisa menyarankan untuk mengkonsultasikan masalah anak anda kepada psikolog ahli untuk mengetahui permasalahan yang anak anda hadapi. jika memungkinkan, dilakukan terapi.
      HSKS Surabaya belum mempunyai SDM yang mampu menterapi anak anda.
      terima kasih :)

  4. vinca dia permalink
    Mei 17, 2012 10:34 am

    YTH. Pengelola Homeschooling kak seto surabaya. saya vinca 16 tahun, domisili di jember, jawa timur. Setelah membaca dan mencari informasi mengenai homeschooling, saya berminat untuk melanjutkan pendidikan jenjang SMA dengan mengikuti homeschool asuhan kak seto (menghentikan pendidikan reguler/formal), dikarenakan saya ingin fokus terhadap minat&cita-cita saya menjadi seorang penulis/sastrawati. hingga kini berbagai karya tulis saya saya telah dimuat di berbagai media, seperti: majalah Horison, harian suara merdeka, majalah Story, dll. juga telah banyak menjuarai lomba kepenulisan nasional dan daerah.

    Tapi saya belum mengikuti ujian nasiona kelas 9 SMP dikarenakan sakit. mohon informasi bagaimana cara mendaftarkan diri, persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mengikuti HS kak Seto, dan apa bisa jika saya mengikuti ujian nasional/ujian kesetaraan kelulusan kelas 9 dari HS kak Seto? Karena domisili saya di kota jember dan sebentar lagi pindah ke kota Semarang, apakah ada channel homeschooling asuhan kak seto di kota tersebut? Mohon dijelaskan juga secara garis besar, bagaimana sistem belajar mengajar di HS kak seto? Demikian, terimakasih.

    • Mei 23, 2012 12:06 pm

      maaf baru bisa membalas pesan anda…
      cara mendaftar di homeschooling kak seto:
      1. membeli dan mengisi formulir pendaftaran
      2. fotocopy kartu keluarga 2 lembar
      3. ftcopy ktp keluarga 2 lembar
      4. ftcopy ijazah terakhir dilegalisir kep.sek 2 lembar
      5. ftcopy rapor terakhir legalisisr kep.sek 2 lembar
      6. ftcopy SKHU 2 lembar
      7. ftcopy akte kelahiran 2lembar (surat keterangan dari psikologi jika ada)
      8. foto 2×3, 3×4, 4×6 masing-masing 8lembar (SD berlatar belakang merah, SMP dan SMA berlatar belakang biru)

      iya, jika memang sudah terdaftar sebagai homeschooler, Vinca bisa mengikuti ujian kesetaraan kelulusan kelas 9 dari diknas sebagai pengganti UAN.
      selain di surabaya, HSKS ada di cirebon, yogyakarta, semarang, jakarta dan bandung. jadi Vinca bisa mendaftar di HSKS Semarang untuk lebih mudahnya.
      sistem belajar di HSKS itu ada Distance Learning dan komunitas. untuk yang distance learning tutorlah yang akan ke rumah atau tempat belajar yang telah disepakati.sedangkan komunitas, homeschooler datang ke sekolah HSKS untuk belajar. kalau di HSKS surabaya untuk SD pembelajarannya hari senin dan rabu jam 8.30 – 12.00 sedangkan untuk SMP dan SMA belajarnya hari selasa dan kamis jam 8.30-12.00.
      terima kasih…^^

  5. fitri permalink
    Juni 16, 2012 11:50 am

    Yth. Pengelola Homeschooling Kak Seto..
    Saya fitri punya anak asuh (anak pembantu saya) dia berumur 7tahun tapi ada keterlambatan bicara..dia sudah pernah di terapi di RS. tapi entah mengapa baru 5 kali sudah mogok tidak mau..Rencana mau saya masukan SLB tapi entah mengapa dia jika mendengar kata sekolah pasti takut dan menangis..saya khawatir dan kasian padahal dokter terapis dia mengatakan bahwa menurut IQnya dia anak diatas rata2..apakah bisa anak asuh saya ini bersekolah di HSKS?Mohon pencerahannya dan terima kasih

  6. rosa permalink
    Juni 24, 2012 3:08 pm

    saya mau tanya tentang biaya seluruhnya unt hs kak seto kalau distence learning .. atau belajar di rumah

    • Juli 12, 2012 9:47 am

      Hallo Rosa,
      Terimakasih telah berminat dengan program Distance Learning dari Homeschooling Kak Seto Surabaya, untuk informasi biaya dan persyaratan dapat menghubungi kami di nomor telephone yang ada di postingan ini, atau bila memungkinkan kami akan sangat senang bila Rosa dapat berkunjung langsung ke kampus kami di Jl. Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya.

  7. ebby permalink
    Juli 10, 2012 4:58 pm

    maaf , saya berminat untuk melanjutkan sekolah di HSKS , kalo saya boleh tau alamat jelasnya di mana ya ? terima kasih :)

    • Juli 12, 2012 9:42 am

      Hallo Ebby,
      Terimakasih sebelumnya sudah berminat dengan program Homeschooling Kak Seto Surabaya. Untuk informasi lebih lengkapnya Ebby dapat mengunjungi kami secara langsung di Jl. Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya, atau menghubungi terlebih dahulu ke nomor telphone yang tertera di atas.

      Salam Ceria.
      -Kak Dani-

  8. rusana permalink
    Juli 16, 2012 10:00 am

    saya punya anak kelas 6 SD, setelah operasi tumor otak dia jadi sering pusing begitu bangun tidur jadi dia susah bangun pagi sehingga aktivitas sekolah sering terganggu, saya mempertimbangkan untuk homeschooling, bagaimana kita dapat penjelasan terperinci proses sekolahnya?

    • Agustus 29, 2012 4:38 pm

      Hallo Rusana, mohon maaf baru merespon pertanyaannya.

      Untuk penjelasan mengenai program homeschooling kak seto surabaya lebih lanjut dapat langsung menghubungi kami di Kampus Homeschooling Kak Seto Surabaya Jl. Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya, Telphone 031-89473116

      Terima kasih

  9. Rahmani permalink
    Agustus 5, 2012 12:40 am

    Apakah tenAga tutor utk laki-laki Masih dibutuhkan?apakah harus pendidikan guru?terima kasih

    • Agustus 29, 2012 10:56 am

      Hallo Kak Rahmani, maaf baru merespon pertanyaannya.

      Kami dari Homeschooling Kak Seto Surabaya, membuka pendaftaran bagi para mahasiswa dan para lulusan perguruan tinggi dari berbagai disiplin ilmu yang menyukai pendidikan dan berkompeten dalam hal dunia belajar mengajar.

      Bila Kak Rahmani berminat, silahkan mengirimkan CV dan Surat lamaran ke HRD Homeschooling Kak Seto Surabaya, bisa melalui email hsks.surabaya@yahoo.com atau langsung ke Jl. Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya.

      Terima kasih

  10. Oktober 9, 2012 11:31 am

    apa bisa ank klz 6 sd yg di dropout bisa bergabung di hsks?

    • Desember 28, 2012 7:34 am

      Hallow kak Nando…
      Maaf yah baru dapat kami balas komentarnya.
      Terimakasih sebelumnya sudah mengunjungi blog HSKS Surabaya :)
      Jadi, untuk adek yang sudah tidak bersekolah sejak kelas 6 tersebut, dan dia ingin belajar bersama Homeschooling Kak Seto Surabaya, maka kami sangat senang untuk dapat membantunya. Untuk proses penerimaannya perlu dilaksanakan observasi terlebih dahulu di Kampus HSKS Surabaya kak. Lokasinya di Jl.Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya.
      Terima kasih.

      Salam Ceria
      -Kak Dani-

  11. Oktober 25, 2012 10:20 am

    anak saya radit 5th .. sekarang TKB, selama ini klo mau berangkat sekolah mesti rewel, dan nangis… apakah itu juga ciri2 dr anak yg trauma?
    setelah mampir di blog ini sepertinya saya tertarik untuk mengikutkan radit dlm homeschooling ,, tp usianya masih 6th 3bln pas masuk SD..

    • Desember 28, 2012 7:25 am

      Hallow Kak Nuri….
      Terimakasih udah mampir ke blog HSKS Surabaya :)
      Mohon maaf atas keterlambatan respon kami dalam membalas komentar.
      Adek Radit apa kabar? Masih rewel ya saat berangkat ke TK?
      Untuk keadaan tersebut, ada kemungkinan terjadi trauma tentang keadaaan di TKnya, untuk mengetahui keadaan sebenarnya maka perlu dilaksanakan observasi ke adek Radit. Untuk observasi dapat dilaksanakan di Kampus HSKS Surabaya kak, di Jl.Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya.
      Owh iya, nanti dari hasil observasi tersebut dapat menjadi acuan adek Radit dalam usianya masuk kelas 1 kak.
      Terimakasih :)

  12. sifak permalink
    Oktober 31, 2012 11:50 am

    apa bisa saya bergabung di hsks, karena saya tertarik dengan programnya. saya adalah seorang guru

    • Desember 28, 2012 7:40 am

      Hallow Kak Sifak.
      Terimakasih udah mengunjungi blog HSKS Surabaya :)
      Untuk bergabung di HSKS Surabaya, kakak kirimkan saja CV dan surat lamaran ke Jl. Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya :)

      Mohon maaf yah, atas keterlambatan membalas komentarnya…

      Salam Ceria :D

  13. Angki permalink
    Oktober 31, 2012 4:58 pm

    Nama sy angki 14th, mau melanjutkan pendidikan ke sma tp homeschooling.. Sy mau tanya bagaimana nnti proses saat ujian nasional nya? Apakah dtg lgsg kesana?
    Terima kasih :)

    • Desember 28, 2012 7:47 am

      Hallow kak Angki… :)
      Terimakasih yah udah mau mampir ke blog HSKS Surabaya, dan tertarik dengan program homeschooling.
      Untuk proses ujian nasional HSKS Surabaya melalui Ujian Nasional Paket A untuk tingkat SD, Paket B untuk tingkat SMP, dan Paket C untuk tingkat SMA.
      Iya, untuk pelaksanaanya kakak masih perlu dateng langsung ke lokasi ujian yang telah ditentukan.
      Semoga informasi ini dapat membantu yah…
      Terus semangat belajar dan selalu ceria yah kak Angki :D

      Terimakasih

  14. Putri permalink
    Oktober 31, 2012 10:07 pm

    Saya mau tanya. Umur saya 14tahun sampai sekarang saya masih berpendidikan formal duduk di kelas 11 sma ipa, saya punya masalah dalam sosialisasi saya kurang nyaman belajar dengan suasana ramai tetapi saya tidak ditolak dilingkungan dan tetap mempunyai teman. Hanya saja saya ingin sekolah nyaman dengan beberapa anak saja, dan lbh fokus dengan cita-cita saya menjadi dokter, apakah lewat hsks saya ttp bisa berkuliah di PTN kedokteran? Dan apakah solusi mslh saya tepat untuk masuk hsks? Makasih.

    • Desember 28, 2012 7:58 am

      Hallow kak Putri…
      Terimakasih yah udah mau mampir ke blog HSKS Surabaya, dan tertarik dengan program homeschooling:).
      Waaahhhh mau jadi dokter ini, bagus sekali kak jadi salah satu cita-cita yang sangat mulia karena dapat membantu menyembuhkan orang sakit.Aamiinn……

      Owh iya, sampai saat ini HSKS Surabaya menggunakan Ujian Nasional Paket A untuk tingkat SD, Paket B untuk tingkat SMP, dan Paket C untuk tingkat SMA. Jadi untuk kakak Putri yang mau masuk PTN Jurusan Kedokteran masih sangat memungkinkan untuk diterima. Akan tetapi untuk masuk di tahun ajaran depannya kak Putri, karena pelaksanaan Ujian Nasional Paket C itu biasanya setelah Ujian Nasional sekolah formal, jadi ijazahnya juga baru keluar setelah proses seleksi masuk tahun ajaran baru kak.

      Semoga informasi ini dapat membantu yah…
      Terus semangat belajar dan selalu ceria yah kak Putri…
      Raih mimpi dan cita-cita mu ;)
      Terimakasih

  15. prihanto permalink
    November 3, 2012 10:33 am

    dear admin, bolehkah saya minta biaya2 yg dibutuhkan utk bergabung dalam HSKS ini? baik komunitas atopun distance learning. terima kasih

    • Desember 28, 2012 8:01 am

      Hallow Kak Prihanto.

      Untuk infromasi biaya yang dibutuhkan di HSKS Surabaya, bapak dapat mengirim email ke hsks.surabaya@yahoo.com yah ;)

      Terimakasih udah berkunjung di blog HSKS Surabaya :)

      Salam Ceria :D

  16. Ary nuryanti permalink
    Desember 22, 2012 11:59 am

    Lulusan homeschooling bisa untuk mendaftar AKABRI tidak? Trm kasih.

    • Desember 28, 2012 8:14 am

      Hallow ka Ary… :)
      Lulusan Homeschooling Kak Seto Surabaya tingkat SMA merupakan siswa yang telah menyelesaikan Ujian Nasional Paket C, sehingga ijazah yang didapat adalah ijazah langsung dari Diknas yang dapat digunakan untuk memasuki berbagai macam Lembaga yang ada di Indonesia. Jadi tidak menutup kemungkinan untuk mendaftar di AKABRI.
      Semoga informasi ini bermanfaat :)
      Terimakasih udah berkunjung di blog HSKS Surabaya :)
      Salam Ceria :D

  17. siane tanaya permalink
    April 8, 2013 12:33 am

    Hallo min, saya Siane. Saya skrg msih berpendidikan formal dan duduk di kls 10. Saya tdk nyaman dengan suasana di tempat saya bljr skrg. Apakah saya bs gabung dengan HSKS ini?:)

    • Juli 5, 2013 4:02 pm

      Hallow Kak Siane,
      Iyah kak untuk dapat bergabung kita dapat ketemu terlebih dahulu untuk dilaksanakan observasi.
      Kami tunggu kedatangannya di Kampus HSKS Surabaya yah kak Siane.
      Terimakasih.

  18. Marda permalink
    April 25, 2013 4:35 pm

    Yth. Pengelola HSKS..
    Saya memiliki seorang adik yang berumur 16 tahun dan seharusnya masih duduk di kelas 10 SMA, namun dia sepertinya mengalami trauma untuk melanjutkan sekolah, sehingga dia memutuskan untuk tidak mau sekolah sejak semester genap. Saya ingin mendaftarkan adik saya untuk homeschooling. Apakah memungkinkan bagi adik saya untuk mendaftar sebagai siswa di HSKS dan apa sajakah persyaratannya? terimakasih

    • Juli 5, 2013 5:05 pm

      Hallow kak Marda,
      Apa kabar? maaf baru membalas komentarnya.
      Semoga adiknya selalu semangat dalam belajar.

      Iyah kak, kami akan berusaha membantu masalah pendidikan adiknya, untuk itu kami perlu bertemu dengan adiknya. Kapan bisa datang ke Kampus HKS Surabaya yah? untuk dapat dilaksanakan observasi terlebih dahulu ke adik nya kak…

      Terimakasih

  19. irma poerwanto permalink
    Maret 4, 2014 11:51 pm

    Putra saya kelas 4 sd, saat ini masih bersekolah, tetapi anak saya mempunyai kesulitan konsentrasi sehingga di kelas sulit memahami penjelasan guru sehingga nilai nya semakin lama semakin merosot, tetapi bila ortu yg menjelaskan dia bisa memahami dengan baik, tetapi kendalanya sering kali kami sebagai ortu tidak memahami materi yg disampaikan karena soal2 yg diberikan di ulangan dan ujian banyak yg tidak terdapat di buku paket dan catatan anak kami. Sedangkan keluarga kami sangat sering bepergian dan sibuk sehingga tugas sekolah dan ulangan sering tidak dapat dikerjakan dengan baik karena waktu yang tidak memungkin bagi kami untuk mendampingi pada saat itu. Sedangkan anak saya memiliki potensi yang tinggi dalam bidang musik, sains dan matematika, tetapi guru sekolah dan guru les tidak dapat memberikan penjelasan yg tepat sehingga anak saya tidak mengerti sampai kami yg menjelaskan baru anak dapat mengerti. Pertanyaannya adalah bila anak saya ikut home schoolling, bila nanti ketika mengerjakan ujian dan tidak lulus seperti uts dan uas, apakah ada remidi atau harus mengulang 1 tahun pendidikan lagi? Kemudian untuk materi pendidikan yg diberikan apakah terdapat jawaban dari soal2 yang diberikan dan apakah materi2 yg diberikan nantinya sesuai dengan soal2 yang diberikan pada waktu uts, uas dan ujian nasional yang diberikan? Karena kekuatiran nya kami sebagai ortu tidak dapat menjadi pengajar yang baik karena tidak menguasai materi pelajaran yang diberikan. Mohon masukannya terima kasih.

    • Maret 8, 2014 2:29 pm

      Hallow kak Irma, salam kenal dari kami.

      Sebelumnya kami mohon maaf, karena baru merespon pertanyaannya.

      Berdasarkan informasi yang telah kakak berikan mengenai keadaan adik, dapat digambarkan bahwa ada ketidak sesuaian dalam proses pembelajaran disekolahnya dengan kemampuan menangkap belajar adik. Disini terlihat bahwa adik perlu perhatian dan kasih sayang lebih dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya, agar adik tetap mempunyai rasa gemar dan menyukai belajar.
      Peran orang tua sangat besar dalam mewujudkan itu, karena sudah dapat dirasakan bahwa selama adik belajar dengan orang tua, adik lebih mudah memahami dan tidak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajarnya.

      Melihat dari keadaan orang tua yang masih sering berpindah-pindah, juga dapat menjadikan beban pada adik untuk beradaptasi kembali dengan lingkungan barunya, sebelum mencapai kenyamanan dilingkungan sebelumnya.
      Di HSKS Surabaya kami memiliki program Distance Learning yang mungkin dapat dijadikan salah satu alternatife dalam membantu pendidikan adik bisa tetap nyaman dalam belajarnya. Di tempat kami terdapat evaluasi yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar anak.
      Materi evcaluasi kami berikan sesuai dengan materi ajar yang dimiliki adik dari modul yang telah kami berikan.
      Untuk hasil evaluasi akan kami berikan bersamaan dengan Parent’s Meeting sehingga orang tua juga dapat saling berbagi pengalaman dalam mengajar kepada anak.
      Sedangkan untuk anak yang masih belum meraih hasil maksimal maka akan diadakan remidial dan pendampingan belajar yang lebih, sehingga anak meraih hasil yang lebih baik tanpa mengulang semuanya dari awal, dan hanya memperbaiki yang kurang saja…

      Untuk menjadi pengajar yang baik orang tua memang perlu menguasai terlebih dahulu materi yang diajarkan, dan apabila orang tua masih kesulitan dalam mengjarkan bisa menggunakan media informasi yang ada dan juga dapat meminta bantuan kepada guru yang disukai anak yang lebih memahami materi untuk mengajari anak.

      Semoga dengan cara tersebut adik dapat semakin semangat belajar dan bisa mengikuti pendidikan dengan baik.

      Terimakasih.

      Salam.
      -Kak Dani_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: