6 Tips Belajar Efektif yang Menyenangkan, Katakan Selamat Tinggal Nilai Jelek!

education and school concept - little student girl studying at schoolSekolah sudah masuk nih, kuliah juga sebentar lagi mulai tahun ajaran baru. Guru-guru pasti udah mulai kasih banyak tugas, oh no! Harus dapet nilai bagus nih dengan belajar lebih keras 😦
Jangan takut deh, di bawah ini ada 6 Tips Belajar Efektif yang bikin kamu say bye ke belajar keras karena ada cara belajar cerdas yang lebih menyenangkan!
1. Sebelum Belajar, Olahraga Sebentar Buat Mempersiapkan Tubuh dan Otak Menghadapi Pelajaran

Cukup setengah jam latihan aerobik seperti lari atau jogging bisa mempertajam kemampuan otak memahami konsep baru. Selain membuat otak jadi segar, badan juga makin bugar!
Jangan lupa pakai peralatan olahraga yang kece ini agar hasil maksimal ya!

2. Setel Musik! Selain Membangun Mood Buat Belajar, Musik Juga Merangsang Kerja Otak agar Maksimal Loh 😉

Mungkin ada di antara kamu yang suka belajar di tempat sepi, tapi nggak ada salahnya kok nyalain speaker dan menikmati musik. Beberapa jenis musik terbukti mampu menghilangkan stress dan tekanan saat belajar!

3. Belajar di Tempat dengan Udara Jernih, Supaya Pikiran Ikutan Bersih dan Siap Diajak Kerjasama

Emang bawaannya nggak fokus kalau belajar di tempat yang pengap apalagi kotor! Udara jernih bisa membantu kamu lebih kalem saat belajar sebelum ujian. Apalagi kalau ditambah harum essential oil yang menenangkan.
Coba gadget penjernih udara murah ini, ruangan jadi lebih oke buat belajar!

4. Jangan Pernah Lupa untuk Minum, Biar Tubuh Tetap Fit dan Kamu Jadi Konsentrasi Terus!

Kekurangan air bisa bikin hilang konsentrasi. Untuk kegiatan belajar coba deh tambah dengan kopi atau teh yang mengandung kafein agar kreativitas dan konsentrasi makin terjaga.
Tapi jangan lupa juga untuk minum air putih! Pakai botol-botol lucu agar selalu ingat saatnya minum 😀

5. Belajarlah Sambil Ngantuk! Penelitian Membuktikan Kalau Tips Belajar Ini Adalah Salah Satu Cara yang Ampuh

Kamu bisa coba baca atau dengarkan materi pelajaran yang tidak terlalu rumit sebelum tidur. Penelitian menyebutkan kalau pada saat kita tidur, otak akan menguatkan apa yang sudah kita baca sebelumnya.
Yang penting jangan kerjakan PR sebelum tidur karena akan menghambat tubuh untuk tidur lelap.

6. Temukan Gaya Belajar Efektif Kamu Sendiri! Cari Tahu Kebiasaanmu yang Bikin Makin Semangat Belajar

Kamu lebih suka belajar sambil makan? Atau mungkin belajar di alam terbuka supaya gampang mengistirahatkan mata? Kenali gaya belajar yang paling bikin semangat belajar! Niscaya nilai yang tinggi akan lebih mudah digapai ;D

Iklan

Tips Dan Cara Mengurangi Siswa Terlambat Sekolah

evaluasi_hasil_ujian_via_wwwheTips dan cara mengurangi siswa terlambat di sekolah – Kasus siswa sering terlambat sekolah pada hakikatnya disebabkan oleh rendahnya kesadaran menaati peraturan sekolah. Jika siswa memiliki kesadaran tinggi terhadap disiplin sekolah maka jarang ditemukan siswa yang terlambat.

Segala penyebab siswa sering terlambat sekolah akan dapat diatasi sendiri oleh siswa maupun orangtuanya. Artinya, jarak sekolah dengan rumah, transportasi, dan lain sebagainya, bukan menjadi alasan lagi bagi siswa untuk datang terlambat di sekolah.

Alternatif solusi masalah siswa sering datang terlambat dapat diminimalisir dengan memperhatikan beberapa komponen berikut ini:

1.Perhatian orangtua siswa

Orangtua siswa perlu memperhatikan kondisi jarak rumah dengan sekolah, apakah cukup jauh atau dekat. Jika jauh maka orangtua berusaha untuk mencarikan tempat kost bagi anak.

Atau menyediakan alat transportasi, semisal motor untuk anak pergi dan pulang sekolah. Jika anak menggunakan motor sebaiknya orangtua memperhatikan bagaimana keamanan dan keselamatan anak di perjalanan, apakah sudah dilengkapi dengan surat-surat kendaraan atau helm pelindung kepala.

Di sisi lain, orangtua siswa perlu mendorong anak untuk bersemangat datang ke sekolah. Memberikan motivasi secara verbal dan non verbal agar anak cepat bangun dan berangkat ke sekolah sehingga tidak terlambat. Kemudian menyediakan menu sarapan pagi yang menarik bagi anak.

2.Peranan kafe sekolah

Pihak kafe sekolah atau di sekitar lokasi sekolah hendaknya ikut memperhatikan jam belajar siswa. Mau menegur siswa yang masih nongkrong ketika jam belajar pertama di sekolah sudah dimulai.

Cara ini menunjukkan kerja sama antara pemilik kafe sekolah dengan pihak guru dalam menegakkan disiplin sekolah. Dengan cara ini juga akan terlihat bagaimana peranan kafe sekolah dalam menunjang proses pendidikan di sekolah.

3.Kepedulian masyarakat sekitarnya

Anak sekolah yang tidak memilih untuk kost, semestinya memang tidur di rumah orangtuanya. Belajar dan tidur pada waktunya di bawah pengawasan orangtua. Dengan demikian anak yang berada selain di rumah pada malam hari , perlu mendapat perhatian dari masyarakat di sekitarnya.

Orang yang mengetahui anak sekolah masih nongkrong di warung, berkeliaran pada malam hari, perlu memiliki keberanian moral untuk menegur anak bersangkutan. Dengan demikian akan mempersempit gerak anak untuk tidak belajar dan keluyuran.

4.Penegakan disiplin sekolah

Guru piket hendaknya lebih jelimet menegakkan peraturan tentang siswa terlambat. Mulai dari mendata siswa terlambat, memproses dan mengambil tindakan selanjutnya. Hal ini perlu mendapat dukungan penuh para wali kelas dan pimpinan sekolah. Perlu ketegasan dan keberanian memberikan sanksi atas pelanggaran disiplin kepada siswa yang sering terlambat.

Disadari memang, apa pun solusi yang dilakukan oleh semua pihak di atas bukan berarti dapat menyelesaikan masalah keterlambatan siswa dengan sempurna. Namun paling tidak dapat meminimalkan porsentase keterlambatan siswa sampai di sekolah.

8 Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

mencegah-sakit-pada-musim-hujan-730x430Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti diantarnya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan. Dan apabila penyakit tersebut menjangkit anda, tentunya tubuh akan menjadi tidak fit akibatnya aktifitas sehari-hari akan menjadi terhambat. Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim pengujan?

Berikut adalah tips pintar menjaga kesehatan saat musim hujan :

1. Konsumsi Vitamin

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita – Jenis, Penyebab dan Pencegahan
Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

2. Pastikan untuk Selalu ‘Higienis’ Setiap Hari

Saat musim penghujan kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembapan yang begitu tinggi. Untuk itulah, mengapa tubuh akan lebih rentan terhadap gangguan tubuh. Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh, secara tidak sadar anda akan lebih banyak memasukan kuman dan bakteri kedalam tubuh melalu tangan seperti makan menggunakan tangan, menyentuh organ tubuh lain mngguankaan tangan dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan anda untuk selalu higienis setiap hari dengan cara selalu membiasakan mencuci tangan setiap kali anda baru tiba dirumah, setiap kali menyentuh barang atau objek, sebelum dan sesudah makan dan setiap kali setelah menyentuh toilet. Karena tahukan anda toilet adalah salah satu tempat dengan sumber bakteri terbanyak. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukuo membuat kuman dan bakteri ditangan menghilang, untu itu, cucilah tangan dengan menggunakan sabun disinfektan agar bakteri yang bersarang ditangan bisa dirontokan.

3. Bersihkan Lingkungan

Hujan yang terus menerus mengguyur saat musim penghujan membaut klingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Hal ini dipicu karena tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi yang membaut sampai atau limbah menjadi lebih mudah membusuk yang pada akhirnya menjadi sumber kuman. Untuk itu, bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Misalkan dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Lingkungan teduh, lembap dan tempat yang kotor akan menjadi sarang bagi nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seringkali orang mengabaikan konsumsi terhadap air putih terutama saat musim penghujan, udara yang dingin menjadikan alasan rasa haus jarang terjadi, untuk itu seringkali anda melewatkan mengkonsumsi air putih secara cukup. Namun faktanya baik musim kemarau maupun musim penghujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap saja sama. Jangan pernah berpikir mengkonsumsi air putih saat anda merasa haus saja. Namun cobalah berpikir jika semua makanan yang masuk kedalam tubuh akan dicerna dengan baik apabila cairan dalam tubuh terpenuhi. Selain itu, pasokan air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Apabila anda bosan terus-terusan mengkonsumsi air putih, air tersebut bisa anda ubah menjadi the tawar hangat atau air jahe yang akan membuat tubuh terasa lebih hangat.

5. Jaga Asupan Makanan

Tetap jaga asupan makan sehat anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.
6. Makan Saat Lapar

Suhu yang dingin saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun sayangnya metabolism saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa anda bayangkan jika anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. Anda tentu tidak ingin jika hal ini terjadi bukan? untuk itu aturlah cara makan dan porsi makan anda saat musim penghujan, jangan sampai nafsu makan anda yang besar mengantarkan anda pada kegemukan. Selain itu usahakan pula untuk tidak melulu menuruti nafsu mengemil ketika perut belum terlalu merasa lapar. Perut yang secara-terus menerus diisi tanpa ada proses pembakaran yang seimbang tentunya tidak akan membawa dampak baik untuk kesehatan anda.

7. Perhatikan Pola Tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundak rasa kantuk yang melulu. Namun jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastika jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

8. Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan.

5 CaraUntuk Peringati Hari Pahlawan

5-cara-untuk-peringati-hari-pahlawan5 CaraUntuk Peringati Hari Pahlawan

Hari ini tepat tanggal 10 November. Sebagaimana kita ketahui, setiap tanggal 10 November merupakan Hari Pahlawan. Ini adalah hari dimana masyarakat Indonesia diwajibkan mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Apa yang biasa kamu lakukan di Hari Pahlawan? Bagi kamu yang masih bingung mau melakukan aktivitas apa, coba simak ulasan berikut. Inilah 5 cara unntuk memperingati Hari Pahlawan.

1. Baca Buku Biografi Pahlawan
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk peringati Hari Pahlawan adalah dengan membaca buku tentang biografi pahlawan. Contoh, kamu bisa baca biografi tentang Jenderal TNI Ahmad Yani. Cari tahu bagaimana perjuangan beliau saat membela Indonesia semasa hidup. Dengan baca buku biogafi para pahlawan, kamu akan lebih tahu tentang sejarah hidupnya.

2. Nonton Film Perjuangan Pahlawan
Selain baca buku, menonton film yang bercerita tentang perjuangan pahlawan juga bisa kamu lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Dari film-film ini, kamu akan lebih paham bagaimana caranya para pahlawan memerdekakan Indonesia dan mengusir penjajah dari Tanah Air.

3. Berkunjung Ke Museum
Kalau yang ini pasti akan menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Berkunjung ke museum bisa kamu coba guna peringati Hari Pahlawan. Kamu bisa datang ke Museum Satria Mandala di Jakarta. Biasanya, saat peringatan Hari Pahlawan, tidak akan dipungut biaya alias gratis untuk masuk ke museum.

4. Buat Teatrikal
Membuat teatrikal tentang pahlawan juga bisa kamu lakukan lho. Umumnya, orang-orang yang membuat teatrikal ini berdandan dan berkostum layaknya para pahlawan. Bahkan, mereka juga melengkapi diri dengan senjata. Namanya teatrikal, kamu pun harus memerakan karakter pahlawan yang seolah-olah sedang berperang melawan para penjajah.

5. Ziarah Ke Makam Pahlawan
Cara terakhir, kamu bisa ziarah ke makam pahlawan guna memperingati Hari Pahlawan. Kamu bisa datang untuk berdoa bagi para pahlawan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata atau TMP Kalibata yang terletak di Jakarta Selatan. Usai berdoa, taburkan bunga ke pusara para pahlawan.

Konsep kegiatan belajar-mengajar di luar kelas

WhatsApp Image 2017-11-01 at 10.44.40Konsep kegiatan belajar-mengajar di luar kelas
 
Kegiatan belajar-mengajar di luar kelas tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pengajaran harus tetap memiliki konsep kegiatan yang jelas sehingga dapat menjadi acuan utama bagi seorang guru yang mengajar anak di luar kelas. Setidaknya perlu memuat enam konsep utama yaitu:
 
Konsep proses belajar
 
Makna dari konsep proses belajar adalah bahwa kegiata belajar-mengajar di luar kelas didasarkan pada proses belajar interdisiliner melalui satu seri aktivitas yang dirancang untuk dilakukan di luar kelas.
 
Konsep aktivitas luar kelas
 
Konsep ini memberikan banyak kesempatan bagi anak untuk memperoleh dan menguasai beragam bentuk keterampilan dasar, sikap, serta apresiasi terhadap berbagai hal yang ada di alam dan kehidupan sosial, seperti berkemah dan outbond.
 
Konsep lingkungan
 
Konsep lingkungan merujuk pada eksplorasi ekologi sebagai andalan makhluk hidup yang saling bergantung antara satu dengan yang lainnya. Dari konsep inilah, anak dapat memahami arti penting lingkungan hidup.
 
Konsep penelitian
 
Konsep inilah yang sangat membedakan antara belajar di dalam kelas dan belajar di luar kelas. Penekanan dalam konsep ini adalah agar seorang guru dapat memunculkan nalar penelitian (reseach) dalam kegiatan belajarnya di luar kelas.
 
Konsep eksperimentasi
 
Melalui eksperimen, anak dapat menemukan indikasi konkret bahwa segala yang mereka dapat di luar sekolah sesuai dengan yang mereka pahami di dalam buku.
 
Konsep kekeluargaan
 
Kegiatan belajar-mengajar di luar kelas harus dilaksanakan secara kekeluargaan. Hubungan anak dan guru mesti berjalan secara kekeluargaan, tidak seperti waktu di dalam kelas yang cenderung lebih baku.

Kenali Potensi Anak Sejak Dini dengan Tes Bakat dan Minat

potensi-anakKenali Potensi Anak Sejak Dini dengan Tes Bakat dan Minat
Saat ini, semakin banyak orang tua yang mulai merancang masa depan sang anak bahkan saat usia mereka belum menginjak lima tahun. Beberapa ada yang lebih fokus mengasah potensi sang anak, namun tak sedikit pula orang tua yang ingin menonjolkan sisi personal sang buah hati yang paling menarik dari diri mereka. Di samping potential dan personality, passion dan physical anak juga menjadi perhatian orang tua. Mereka bisa mengujinya dengan tes bakat dan minat.

Melalui tes potential, personality, passion, dan physical anak, para orang tua ingin mengetahui bakat dan minat mereka agar dapat menentukan pendidikan paling tepat untuk mendukung kelebihan sang buah hati. Kebutuhan tersebut kemudian terjawab dengan maraknya lembaga dan institusi penyelenggara tes bakat dan minat untuk anak usia 4 sampai 12 tahun. Biasanya, tim yang melakukan tes bakat dan minat pada anak terdiri dari Psikolog dan Praktisi Pendidikan.

Tes bakat dan minat anak pada dasarnya bertujuan untuk membantu orang tua dalam mengeksplorasi potensi sang anak. Potensi ini berhubungan dengan bakat individu yang masih perlu dilatih. Mengetahui potensi sang buah hati sejak dini sebenarnya akan menguntungkan para orang tua dan anak itu sendiri. Para orang tua bisa langsung menentukan aktivitas apa yang dibutuhkan sang anak untuk menjadi lebih cakap terhadap kemampuan khusus yang mereka miliki. Di sisi lain, sang anak pun akan lebih mudah mengembangkan potensi mereka karena masih memasuki usia emas.

Jika potensi sang anak sejak awal sudah diketahui, paling tidak risiko orang tua dalam memberikan pendidikan yang tidak sesuai dengan passion mereka menjadi berkurang. Pendidikan yang sesuai dengan bakat dan minat anak pun bisa membuat tumbuh kembang mereka optimal karena dijalani tanpa paksaan. Selain itu, proses belajar menjadi lebih mudah diterima karena anak melakukannya bukan semata-mata karena kewajiban melainkan juga sesuatu yang menyenangkan untuk mereka.

Hal yang harus dilakukan setelah Melakukan Tes

Ada beberapa hal yang kemudian harus dilakukan para orang tua setelah mengetahui potensi sang anak melalui tes bakat dan minat.

Pertama, orang tua harus meyakinkan sang anak terhadap kelebihan yang mereka miliki. Kepercayaan diri terhadap potensi yang dimiliki akan membantu sang anak mewujudkan impian yang ingin mereka raih di masa depan.

Selanjutnya, kembangkan konsep diri yang positif pada diri mereka. Anak perlu mengetahui bahwa kelebihan yang mereka miliki harus disertai dengan sikap atau attitude yang baik. Para orang tua juga perlu memberikan motivasi pada anak untuk tidak pernah berhenti mengembangkan dan melatih kemampuan mereka sesulit apa pun hambatan yang dihadapi.

Tips Ajarkan Kejujuran Pada Anak

Tips Ajarkan Kejujuran Pada Anak

Tips Ajarkan Kejujuran Pada Anak

1. Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penjelasan teori atau cerita mengenai kejujuran saja tidak cukup untuk menumbuhkan sikap kejujuran pada anak, hal ini perlu juga dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab anak-anak akan membutuhkan sesuatu yang nyata dalam pandangan mereka, sehingga teori mengenai kejujuran tidak akan lagi nampak abstrak untuk mereka. Untuk itu, mulailah menerapkan sikap dan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerapkannya dalam ucapan atau kalimat dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, apa yang diucapkan harus konsekuen dengan apa yang diperbuat. Sebab, kadang-kadang justru kalimat inilah yang sulit untuk dipegang. Nah, disinilah sebagai orangtua kita perlu belajar banyak dalam hal ini.

2. Berikan Pengetahuan dan Keyakinan Bahwa Tuhan Maha Melihat

Kenalkan anak pada keyakinan bahwa dimanapun mereka berada kapanpun mereka berbohong meski tanpa diketahui orang lain masih ada tuhan Yang Maha Melihat segalanya yang akan selalu mencatat setiap perilaku buruk yang mereka lakukan. Nah, lantas bagaimana orangtua bisa mengetahui anak-anaknya tetap berperilaku jujur atau tidak meski berada di luar rumah? Percayalah ibu, ketika kita menitipkan anak-anak kita pada sang Pemilik Hidup ketika anak-anak jauh dari jangkauan kita, maka apa yang dilakukannya diluar jangkauan prinsip kita pasti akan ditunjukannya pada kita. Misalkan ketika anak menyembunyikan sesuatu dalam tasnya, seolah secara tiba-tiba kita merasa ingin memeriksa tasnya dan menemukan apa yang mereka sembunyikan dari kita.

3. Berikan Pemahaman Bahwa ‘Jujur Itu Nikmat’

Ada serangkaian kejujuran yang akan terasa nikmat namun kenikmatannya itu tidak dapat secara langsung kita nikmati. Hal ini penting sekali diajarkan kepada anak sejak dini. Ajarkan anak untuk selalu mendahulukan perilaku kejujuran sebab kejujuran akan mengantarkan mereka pada kehidupan yang tenang dan damai tanpa dihantui rasa bersalah.

Demikian beberapa tips mengajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini. Anak-anak yang dibekali dengan perilaku dan sikap yang jujur akan melahirkan generasi penerus bangsa yang senantiasa selalu membawa nilai-nilai kebaikan pada orang-orang sekitarnya.