Kegiatan Siswa

Kegiatan yang berhubungan dengan proses pembelajaran homeschooler

Kegiatan-kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu proses belajar homeschooler menjadi lebih menyenangkan, diantaranya seperti:

  1. Bontang (boneka tangan) Bercerita

Merupakan kegiatan yang dilakukan pada awal pembelajaran homeschooler setingkat dengan SD. Tujuannya untuk mengkondisikan homeschooler agar lebih siap dan tenang dalam belajar, serta menggali informasi mengenai materi dan membangun karakter baik homeschooler melalui cerita yang dibawakan. Dalam kegiatan ini kegiatan cerita diawali oleh tutor dengan menggunakan penokohan yang telah disiapkan sesuai karakter yang diinginkan kemudian tutor mengajak para homeschooler untuk ikut terlibat dalam cerita menggunakan bontang yang teah disediakan dan diakhiri dengan penggalian makna cerita. melalui kegiatan ini diharapkan dapat merangsang kemampuan motorik, analisis, teamwork, berpikir kritis dan kreatif para homeschooler.

  1. Games

Merupakan kegiatan yang dilakukan pada saat jeda pembelajaran. Tujuannya untuk mengkondisikan homeschooler tidak jenuh dalam belajar, dengan memasukkan materi melalui games sehingga homeschooler lebih semangat dalam mempelajari materi. Dalam kegiatan ini tutor memberikan games atau permainan yang dapat merangsang kemampuan motorik, analisis, teamwork, berpikir kritis dan kreatif.

  1. Inspiring Story

Adalah kegiatan yang dilakukan sebelum pembelajaran bergantian dengan games. Tutor maupun homeschooler akan memceritakan kisah-kisah yang dapat memotivasi dan menginspirasi. Bisa berupa pengalaman Tutor atau siswa (sharing) juga pengalaman tokoh-tokoh sukses di Indonesia atau manca negara.

  1. Friday Class

Merupakan salah satu kegiatan dan metode belajar yang memadukan kemampuan motorik kasar dan halus homeschooler dengan kemampuan logika dan analisisnya. Homeschooler mempraktekkan teori untuk menghasilkan karya yang berguna atau melakukan percobaan-percobaan ilmiah. Kegiatan disesuaikan dengan tingkatan kelas siswa (SD, SMP, dan SMA).

 

  1. Nonton Bareng

Kegiatan pembelajaran dengan menonton pertunjukan film, teater, konser musik, drama modern dan tradisional yang sesuai dengan usia dan perkembangan homeschooler.

  1. Outing (field trip)

Outing merupakan proses pembelajaran dimana homeschooler belajar di luar kelas baik berupa kunjungan ke tempat terbuka maupun tertutup yang memiliki nilai edukasi yang baik, seperti: musium, perpustakaan, pusat seni/ketrampilan, industri manufacturing, kebun satwa, kebun flora, hutan lindung dll. Kegiatan outing ini dilaksanakan empat (4) kali dalam setiap semester.

  1. Talent Class

Kegiatan ini meliputi kegiatan olah fisik/olahraga dan kegiatan dibidang seni sesuai dengan minat dan bakat homeschooler seperti seni musik, engglish talent, olah vokal, seni lukis, tari dan menulis/journalis.

  1. Tugas Portofolio

Tugas portofolio merupakan materi yang dikerjakan oleh adik-adik homeschooler untuk meningkatkan kreativitas dan menunjang pembelajaran Agama, Seni Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Pendidikan jasmani dan Kesehatan

9. Pameran & Pentas Seni

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun sekali dengan tujuan untuk mengajarkan kepada homeschooler cara berbisnis atau berdagang dalam menghargai hasil karya mereka selama pembelajaran dan cara pembuatan event atau pagelaran dengan praktek secara langsung. Dimana nantinya ada penilaian bagi peserta, performance, panitia, dan pemilik stand yang terbaik.